Senin, 29 Desember 2014

RESENSI BUKU

TUGAS RESENSI BUKU

ANANDA RAMADHAN
10112726
3KA25


1.      PENDAHULUAN
IDENTITAS BUKU
Judul buku              : Principles and Application of Photochemistry
Penulis                   : Brian Wardle
Penerbit                 : John Wiley & Sons, Ltd
Cetakan Ke-          : Pertama
Tahun Terbit          : 2013
Jumlah Halaman    : 267 halaman
2.      ISI
Buku Principles and Applications of Photochemistry ini bertujuan untuk memberikan pemaparan materi dan hal-hal yang berkaitan dengan prinsip dan aplikasi dari fotokimia.  Dilihat dari buku ini, mulai dari Bab 1 dan 2, hanya merupakan pengantar umum sebagai konsep dari materi dan cahaya serta cakupan adanya interaksi dalam bentuk sebuah elektron. Materi yang disajikan dalam Bab 3-6 berkaitan dengan proses penonaktifan elektron yang berada dalam keadaan tereksitasi. Bab 7 dalam buku ini memberikan gambaran tentang sifat – sifat  kimia dan perbedaan antara reaksi fotokimia dengan reaksi termal (suhu).  Bab 8 dan 9 mencakup reaksi-reaksi yang terjadi pada proses fotokimia.  Bab 10 memberikan pembahasan tentang mekanisme reaksi fotokimia. Bab 11 dan 12 berisi gambaran penggunaan reaksi-reaksi fotokimia dalam proses pembangunan dan kemajuan teknologi sains saat ini.
Buku ini sudah menambah pustaka buku-buku ilmiah yang khusus membahas tentang salah satu reaksi kimia khusus yang menggunakan cahaya (fotokimia). Buku ini hadir untuk memberikan wawasan kepada peneliti serta mahasiswa-mahasiswa sains, baik jurusan kimia maupun yang menekuni reaksi fotokimia dalam studinya untuk lebih memahami reaksi-reaksi serta mekanismenya. Buku ini terbilang baru karena diterbitkan pada tahun 2009 sehingga info dan teori-teori baru sudah tercakup di dalamnya.
Kelebihan Buku ini menurut saya adalah:
1.      Sistematik, sangat mudah dipaham. materi disusun secara teratur mulai dari konsep pemahaman hingga pembahasan tentang reaksi-reaksi yang bersangkutan.
2.      Terdapat gambar dan grafik sehingga pembaca tidak terkesan mengkhayal ketika dijelaskan tentang bagaimana sebuah reaksi terbentuk.
3.      Kemudahan mengakses buku ini dengan tersedianya dalam bentuk ebook.
4.      Desain sampul buku menarik dan penuh warna sehingga sangat tertarik untuk lebih mengetahui isi dari buku tersebut.
5.       Kalimat-kalimat atau penggunaan bahasa yang disajikan dalam buku ini tidak sulit untuk dimengerti.
Kelemahan Buku ini menurut saya adalah:
1. Jenis huruf yang monoton dan berada dalam satu warna.
2. Adanya banyak halaman yang kosong sehingga penggunaan kertas yang tidak efisien
3. Gambar yang disajikan tidak berwarna (hanya sampulnya saja yang full color)
3.      PENUTUP
     
a.       Kritik
Gambar yang ditampilkan kurang menarik karena tidak ada penyajian warna didalam gambar tersebut, halaman kosong dibiarkan kosong tanpa menyisipkan kata atau gambar.
b.       Saran
Sebaiknya kata-katanya dibuat lebih menarik lagi sesuai perkembangan bahasa, agar tidak membosankan.
c.       Kesan
Kesan saya setelah membaca buku ini adalah buku ini sangat bermanfaat. Bagi semua kalangan, semua umur, terutama untuk pengetahuan sains mahasiswa. Walaupun tentang kimia namun semua orang yang membaca dapat memahami





1.         PENDAHULUAN
IDENTITAS BUKU
Judul buku             : Membiasakan Hidup Sehat
Pengarang             : Titin Fitriani
Penerbit                : mitra utama
Th. Terbit             : 2014
Kota terbit            : Bekasi
Cetakan                : Pertama
Jumlah hal            : vi+58
Tebal buku           :3mm
Jenis kertas           :HVS

2.         ISI
Penulis buku ini membagi pengetahuan tentang kiat-kiat hidup sehat dengan cara yang menarik. Tema buku ini adalah cara memelihara kesehatan dan menghindari penyakit terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar, serta fasilitas apa saja yang harus ada di rumah untuk menjamin hidup yang sehat.

                        Bab-bab dalam buku ini terbagi atas 3 Bab.
Bab Pertama, “Sehat Fisik” yang membahas tentang memelihara kebersihan, cara hidup yang teratur, cara meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jasmani, menghindari terjadinya penyakit, serta cara melengkapi rumah dengan fasilitas yang menjamin hidup sehat.

Selanjutnya, pada bagian kedua buku ini bertemakan tentang “Sehat Mental”, memberikan informasi tentang tips meningkatkan taraf kecerdasan dan rohaniah, mengukur adanya stress, makanan-makanan yang sebaiknya dikonsumsi pada saat stress, serta tips meminimalisasi tingkat stress.

Kemudian pada Bab yang terakhir atau Bab Ketiga, “Sehat Sosial”, tentang cara-cara membina hubungan sosial yang baik,kesehatan lingkungan keluarga, membuat situasi nyaman dalam masyarakat, memilih dan memilah pergaulan, serta tips-tips meningkatkan kesehatan lingkungan.

Kelebihan Buku ini menurut saya adalah:
Buku ini banyak memberikan informasi yang bermanfaat mengenai kesehatan dengan gambar-gambar ilustras. Banyak hal yang dapat kita pelajari dari pengetahuan yang disajikan. Penulis patut mendapat acungan jempol atas informasi yang membantu banyak khalayak demi menjaga kesehatan bangsa.

Kekurangan Buku ini menurut saya adalah:
Sayangnya gambar-gambar di dalam buku ini hanya bersifat ilustrasi saja. Akan lebih menarik jika gambar berupa gambar faktual yang dapat menjelaskan lebih baik daripada gambar ilustrasi.


3.     PENUTUP
    
Kritik
Gambar yang ditampilkan kurang jelas, Ilustrasi kurang banyak, sehingga menimbulkan kesan tidak seimbang dengan tulisan atau isi buku itu sendiri.

Saran
     Sebaiknya ilustrasi merupakan foto/gambar faktual supaya lebih jelas apa yang dimaksud dalam ilustrasi itu. Usahakan memperbanyak ilustrasi supaya bisa mengurangi kebosanan pembaca membaca pengetahuan populer.

Kesan
Kesan saya setelah membaca buku ini adalah buku ini sangat bermanfaat. Bagi semua kalangan, semua umur, segala jenis penduduk, suku, ras, agama, dan yang terpisah-pisah atas keragaman lain, buku ini dapat dibaca siapa saja. Karena isi buku ini sangat informatif dan bersifat universal mengenai menjaga kesehatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar