Rabu, 07 Mei 2014

BAB 1-2

TOU #2 BAB 1-2

 

ANANDA RAMADHAN (10112726)

KELAS : 2KA25

BAB 1-2

 

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM KOMUNIKASI

komunikasi

Komunikasi adalah penyampaian pesan dari komunikator (sender) kepada komunikan (receiver) melalui media tertentu dan menyebabkan respon.
1. Pengertian dan arti pentingnya
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling memengaruhi di antara keduanya.
Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.
Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
jadi, semua orang tau bahwa komunikasi iu adalah hal yang penting dalam semua bidang. dalam komunikasi Kita tak bisa membeda-bedakan bahasa, suku, adat, kebiasaan, tradisi maupun agama karena pada Belajarlah berkomunikasi berarti belajarlah memahami
2. Jenis-jenis komunikasi dan prosesnya
Komunikasi lisan
komunikasi lisan secara langsung adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka. lisan ini terjadi pada saat dua orang atau lebih saling berbicara/ berdialog, pada saat wawancara, rapat, berpidato
komunikasi lisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telepon, handphone, VoIP, dan lain sebagainya karena adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicara.
Komunikasi tulisan
komunikasi tulisan adalah komunikasi yang di lakukan dengan perantaraan tulisan tanpa adanya pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan dapat berupa surat-menyurat, sms, email dan lain sebagainya.
komunikasi tulisan juga dapat melalui naskah-naskah yang menyampaikan informasi untuk masyarakat umum dengan isi naskah yang kompleks dan lengkap seperti surat kabar, majalah, buku-buku. dan foto pun dapat menyampaikan suatu komunikasi secara lisan namun tanpa kata-kata. Begitu pula dengan spanduk, iklan, dan lain sebagainya.
Contoh proses komunikasi yang sederhana :
Pengirim—>Berita—>Penerima
Jika salah satu elemen komunikasi tidak ada maka komunikasi tidak akan berjalan. Ada komponen-komponen dalam komunikasi antara lain :
Pengirim(Sender=Sumber) adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi serta mempunyai kepentinga mengkomunikasikan kepada orang lain.
Pengkodean (Encoding) adalah pengirim mengkodean informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat.
Pesan (Massage), pesan dapat dalam segala bentuk biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima.
Saluran (Chanel) adalah cara mentrasmisikan pesan, misal kertas untuk surat, udara untuk kata-kata yang diucapkan.
Penerima (Recaiver) adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak akan terjadi.
Penafsiran kode (Decoding) adalah proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi.
Umpan balik (Feedback) adalah pembalikan dari proses komunikasi dimana reaksi kominikasi pengirim dinyatakan.
3. komunikasi efektif
komunikasi yang efektif adalah Komunikasi yang mampu menghasilkan
perubahan sikap (attitude change) pada orang yg terlibat dalam komunikasi.
dan unsur-unsur agar komunikasi efektif yaitu:
Komunikator
(pandai menggunakan bahasa,intonasi, simbol dan mimik yang menarik simpati dan empati dari komunikannya)
Pesan
(cara penyampaian, isi pesan sesuai dengan kebutuhan dan diminati oleh komunikan)
Media
(sesuai dengan pesan yg ingin disampaikan dan sesuai dengan kebutuhan komunikan)
4. implikasi manajerial
dalam implikasi atau akibat selalu ada baik dan buruknya begitupun dalam manajerialnya komunikasi.
• Kelebihan dari Komunikasi manajerial ini merupakan faktor penentu keberhasilan. Komunikasi memiliki kemampuan untuk mengubah sikap dan perilaku seseorang melalui komunikasi.
• Kekurangannya dari komunikasi manajerial adalah persepsi dan sikap komunikan terhadap komunikator dan kredibilitas pada persepsi komunikan yang sering mendapatkan penangkapan yang berbeda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar